Sensasi Manual Daihatsu Xenia R spoRty 1.3 Manual IV

Diduga karena perpin dahan teknologi dari kabel ke throttle by wire. Butuh waktu beberapa menit untuk terbiasa dengan transmisi manual yang menggunakan teknologi baru ini dibandingkan teknologi sebelumnya. Ketika mobil sudah berjalan mulus perpindahan transmisi selanjutnya terasa mulus. Fitur peringatan ECO pada panel indikator membantu pengemudi agar menjaga momentum. Ketika melewati jalanan menanjak kami rasakan tenaganya cukup besar dengan kecepatan 40 km/jam dengan 2.000 rpm mampu dilewati Xenia terbaru.

Sempat kehilangan momentum membuat kami harus menurunkan tuas perseneling ke gigi 1 sehingga membutuhkan ekstra tenaga mencapai 3.000 rpm agar bisa menanjak dengan mulus. Saat diajak bermanuver masih sedikit terasa limbung terlebih saat itu kondisnya mobil diisi empat orang dan barangbarang di bagasi sehingga memiliki beban cukup banyak.

Sementara setirnya tergolong nyaman baik ketika berjalan maupun saat parkir. Tidak terlalu berat juga tidak terlalu ringan, terasa pas. Sayangnya dengan jarak dan waktu yang terbatas kami belum sempat mengukur konsumsi bahan bakar dari Xenia terbaru bertransmisi manual ini. Semestinya akan lebih irit dengan penerapan teknologi baru di sektor mesin walaupun perlu pembuktian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *