Inilah Macam Macam Interior Ruangan Dan Karakteristik Pemilik

Seiring dengan perkembangan zaman, kini macam macam interior ruangan sudah semakin banyaak pilihan. Berkat ide-ide cemerlang dari para ahli desain, ruangan yang terbatas pun menjadi tampak lebih luas.

Hal ini bukan hanya usaha pemaksimalan ruangan, tetapi juga menjadi media untuk mengekspresikan diri, minat, maupun kepribadian. Tidak heran, jika ada orang yang sampai menggunakan jasa interior untuk menata ruangan.

Macam Macam Interior Ruangan dan Kepribadian

Desain interior ialah perancangan serta penataan sebuah ruangan dengan menghadirkan elemen-elemen tertentu, agar menyatu satu sama lain. 

Macam macam interior ruangan bukan hanya sekadar penataan perabotan, melainkan sebuah cara untuk mengekspresikan diri atau tipe kepribadian yang diungkapkan melalui sebuah karya seni dan berikut beberapa macam ide desain yang dapat dicontoh seperti yang dikutip dari Web Arskal.

1. Kontemporer

Kontemporer merupakan gaya yang memadukan antara elemen masa kini dengan masa depan. Hasilnya, suasana yang hangat dan dingin dapat dihadirkan secara bersamaan, di dalam satu ruangan.

Ciri utamanya terletak pada pemilihan warna-warna netral, minim pernak-pernik, serta tampilan yang lebih bersih. Interior ruangan kontemporer cocok bagi pemilik kepribadian yang fleksibel dan terbuka.   

2. Industrial

Unfinished adalah kesan yang begitu kental saat pertama kali masuk ke ruangan berkonsep industrial, seperti bata ekspos atau dinding beton. Hal tersebut memang kesengajaan dan sudah menjadi ciri khas tersendiri.

Interior ruangan industrial menggambarkan sosok pemilik rumah yang jujur, santai, dan bersikap apa adanya. Penambahan elemen-elemen berwarna metalik atau warna-warna maskulin dapat menambah kesan tegas.   

3. Skandinavia

Gaya Skandinavia memang sedang booming akhir-akhir ini, baik untuk interior ruangan ruang tamu maupun kamar. Hal tersebut dikarenakan, Skandinavia memang sangat cocok untuk acara kumpul-kumpul.

Biasanya, orang yang menerapkan konsep ini memang memiliki karakter ramah dan sangat bersahabat. Ciri khasnya terdapat pada penggunaan material kayu, lengkap dengan fungsi yang disajikan.

4. Minimalis

Less is more merupakan prinsip yang sudah sangat melekat pada interior ruangan gaya minimalis. Pada konsep rumah, gaya ini memaksimalkan lahan terbatas untuk menampung segala kepentingan.

Namun, saat diterapkan sebagai desain ruangan, gaya minimalis justru terkenal perfeksionis. Tipe pragmatis bahkan membutuhkan waktu lebih lama untuk memilih perabotan maupun elemen ruangan. 

5. Eklektik

Berani melanggar aturan dan tidak ingin mengikuti gaya-gaya tertentu? Maka gaya eklektik dapat menjadi pilihan yang paling tepat. Desain ini sangat cocok bagi pemilik karakter yang mencintai kebebasan dan kesenian.

Meski berkonsep bebas, penataan elemen tetap memerlukan kejelian tingkat tinggi. Sebab, penataan secara sembarangan justru akan merusak kesan seni dari gaya eklektik. 

6. Pop Art

Masih selaras dengan gaya eklektik, interior ruangan pop art juga kental dengan seni dan kreativitas. Warna-warna cerah lebih dominan di gaya ini, seperti ungu, kuning, merah, dan sebagainya.

Oleh karena itu, gaya pop art terlihat lebih unik, segar, bebas, dan berani. Sangat cocok bagi pemilik kepribadian yang ceria, berjiwa seni tinggi, atau bahkan misterius. 

Tidak ada suatu keharusan untuk menyesuaikan macam macam interior ruangan dengan karakteristik seseorang. Namun, hal tersebut tentu akan memberikan kepuasan tersendiri, karena berhasil menuangkan kreativitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *