musim di jerman

Mengenal Empat Musim di Jerman

Bumi ini dibagi menjadi empat iklim yang ditentukan dari jarak wilayah dengan garis khatulistiwa. Semakin dekat wilayah tersebut dengan garis khatulistiwa, maka semakin banyak paparan sinar matahari yang diterima.

Pembagian iklim ini juga berdampak pada perbedaan musim yang terjadi di masing-masing wilayah. Salah satunya musim di Jerman yang terdiri dari 4 musim. 

Baca Juga : Tempat Wisata di Jerman

Wilayah yang paling dekat dengan garis khatulistiwa sepanjang 23,5 LU dan 23,5 LS akan mengalami iklim tropis. Tiga iklim lainnya adalah iklim sub tropis dengan jarak 23,5 – 40, iklim sedang 40 – 60, dan iklim dingin di atas 60.

Negara Jerman sendiri termasuk ke dalam wilayah yang beriklim sedang. Negara ini dalam setahun akan mengalami empat musim yang berbeda. 

Perbedaan Musim di Jerman

Berbeda dengan negara beriklim tropis yang hanya mengalami 2 musim, negara beriklim sedang termasuk Jerman memiliki 4 musim. Berikut ini beberapa musim yang akan Anda alami jika tinggal atau berkunjung ke Jerman:

 

  • Musim panas (der sommer)

 

Musim panas di Jerman terjadi antara bulan Juni hingga Agustus. Ketika musim panas tiba, banyak yang memanfaatkannya untuk liburan karena sekolah pun libur.

Salah satu aktivitas yang dilakukan ketika musim panas tiba adalah berjemur di pantai. 

Salah satu tanda musim panas akan segera tiba adalah hawanya yang nyaman meskipun matahari lebih terik dari biasanya.

Saat musim panas, kenakan pakaian yang nyaman karena cuaca cukup panas.Biasanya mereka akan menggunakan pakaian yang cenderung tipis dengan bahan yang mudah menyerap keringat. 

 

  • Musim gugur (der herbst)

 

Musim gugur di Jerman terjadi antara bulan September hingga November. Musim ini disebut juga sebagai musim pengantar menuju musim dingin dan biasanya hujan pun turun saat musim ini tiba. 

Munculnya beberapa binatang seperti tupai yang keluar menjadi pertanda musim gugur akan segera tiba. Binatang-binatang tersebut mencari makanan dan mengumpulkannya untuk persediaan musim dingin. 

Saat musim gugur tiba, penduduk setempat pun banyak yang memanfaatkannya untuk panen buah-buahan atau jalan-jalan di sekitar melihat pemandangan bunga-bunga yang berguguran. 

 

  • Musim dingin (der winter)

 

Musim dingin di Jerman terjadi antara bulan Desember hingga Januari. Udara benar-benar sangat dingin saat musim ini bahkan suhunya pun bisa mencapai derajat minus. 

Ketika musim ini tiba, aktivitas ke luar rumah pun sedikit dikurangi. Serunya salju turun saat musim ini sehingga biasanya banyak dimanfaatkan untuk bermain bola-bola salju. 

Selain itu, saat musim dingin tiba biasanya penduduk setempat akan memanfaatkannya untuk olahraga ice skating. Pakaian tebal dan berlapis-lapis pun identik dikenakan saat musim dingin tiba. 

Rumah-rumah penduduk yang bercerobong asap pun menjadi ciri khas rumah-rumah di negara ini sebagai bentuk persiapan menghadapi musim dingin agar suhu di dalam rumah tetap hangat. 

 

  • Musim semi (der fruhling)

 

Musim semi di Jerman terjadi antara bulan Maret hingga Mei dan merupakan musim peralihan dari musim dingin menuju musim panas.

Musim ini menjadi musim paling dinanti karena udaranya tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Saat musim ini tiba, bunga-bunga bermekaran dengan indahnya. Tumbuhan dan hewan pun banyak yang bereproduksi saat musim semi tiba. 

Tentu akan menjadi pengalaman yang sangat seru dan menyenangkan ketika bisa berkunjung ke negara ini dan merasakan sensasi empat musim di Jerman. Saat ingin berlibur ke negara dengan empat musim seperti ini,

jangan lupa untuk menyiapkan pakaian yang sesuai dengan musim yang sedang terjadi agar selama liburan tetap merasa nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *