Bahaya Softlens dan Cara Aman Menggunakannya

Menggunakan softlesn ketika sedang bermain bersama teman teman memang terlihat keren, tapi awas bahaya softlens mungkin bisa mengancam Anda, berikut ini ulasannya

.Iritasi mata meliputi masalah kornea

Bahaya soflens selanjutnya adalah bisa mengakibatkan Kornea mengalami iritasi akibat kekurangan oksigen dan kebersihan softlens yang tidak terjaga.

.Mata Kering

Mata kering diakibatkan terus menerus menggunakan softlens tanpa henti. Tidak memberikan waktu dan ruang bagi mata untuk “bernafas” mendapat asupan oksigen. Penggunaan softlens sambil tidur dapat membuat mata kering, kemudian menjadi iritasi yang menyebabkan inflamasi.

Inflamasi pada mata atau kornea mata

Inflamasi merupakan perlukaan atau adanya luka di mata akibat infeksi, reaksi alergi dan bahkan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik.

Jika anda mulai merasa mengalami hal-hal tersebut. Berarti bahaya softlens sedang mengintai anda. Terlebih ketika anda mulai merasa mata tidak nyaman. Air mata berlebih, mata terasa kering dan panas. Gatal dan perih terus menerus. Usahakan untuk berhenti menggunakan softlens. Segeralah temui dokter untuk mendapatkan perawatan sebelum terlambat.

Tips Menggunakan Softlens

Walaupun softlens memiliki resiko bahaya bagi penggunanya. Anda tidak perlu takut dalam menggunakannya jika disiplin dan mengikuti petunjuk penggunaan.

1. Ikuti intruksi pengunaan

Pertama, Ikuti instruksi dari petunjuk kemasan atau dokter yang menjadi konsultan anda. Karena setiap softlens memiliki bentuk, ukuran dan cara perawatan yang berbeda.

2. Baca apakah softlens sekali pakai?

Kedua, baca dan perhatikan apakah softlens yang anda pakai untuk sekali pakai atau berulang. Jika softlens sekali pakai, berarti harus segera dibuang. Jangan dipakai lagi terlalu berisiko.

Sementara jika softlens digunakan terus berulang. Lakukan perawatan sebaik dan seoptimal mungkin.

Merendam dalam larutan yang dianjurkan. Softlens yang steril akan bebas dari penumpukan bakteri. Sementara perawatan softlens yang asal-asalan akan menjadi sarang bakteri dan menyebabkan infeksi pada mata.

3. Jangan gunakan soflens ketika tidur

Ketiga, Jangan gunakan softlens ketika sedang tidur. Lepaskan softlens menjelang tidur dan taruhlah di tempat yang bersih dan terjaga.

4. Cuci softlens dengan benar

Keempat, cuci dan rawat tempat softlens dengan benar. Tidak hanya softlennya saja yang dibersihkan. Tetapi tempat penyimpanannya juga harus bersih dan terawat. Cuci dengan larutan pembersih softlens lalu dikeringkan ditempat bersuhu ruangan.

5. Perhatikan kebersihan tanggan

Kelima, selain kebersihan softlens dan wadah softlens. Anda juga harus memperhatikan kebersihan tangan anda. Bersihnya tangan sebelum mulai membersihkan softlens dan wadah softlens adalah cara terbaik meminimalisir penumpukan bakteri.

6. Harus disiplin ketika menggunakan softlens

Terakhir yang paling penting. Sebelum anda memutuskan menggunakan softlens. Pastikan anda adalah orang yang disiplin, teliti dan selalu berusaha menjaga kebersihan. Hal ini penting mengingat pengguna softlens harus selalu menjaga kebersihan diri dan kebersihan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *