Yuk Mengenal Perkembangan Sepak Bola Jerman

Pertandingan sepak bola Jerman pertama terjadi di Braunschweig pada tahun 1874, oleh dua guru sekolah, August Hermann dan Konrad Koch.

Kemudian, pada tahun 1875, Koch menerbitkan versi pertama tentang aturan sepakbola, meskipun masih sangat mirip Rugby. 

Berikut ini ulasan sepak bola Jerman, mulai dari pertandingan pertama hingga perkembangan asosiasi sepak bolanya yang menjadi terbesar di dunia, seperti dikutip dari website Eduversity.. 

Klub Sepak Bola Jerman Pertama

Dresden English Football Club dianggap sebagai klub sepakbola modern pertama di Jerman, didirikan pada tahun 1874 oleh orang Inggris yang tinggal dan bekerja di sekitar Dresden.

Dalam 20 tahun berikutnya, klub tersebut mencapai popularitas yang tinggi. Kemudian, beberapa klub sepak bola didirikan di Berlin, Hamburg, dan Karlsruhe.

Yayasan Untuk Perang Dunia I

Pada 28 Januari 1900, perwakilan dari 86 klub sepak bola di daerah berbahasa Jerman (di dalam dan di luar Kekaisaran Jerman) bertemu di restoran Mariengarten di Leipzig untuk mendirikan DFB. 

Pertemuan ini dipimpin oleh E. J. Kirmse, ketua Leipziger Fußball Verband (Asosiasi Sepak Bola Leipzig). Ketika itu, Ferdinand Hueppe, mewakili Prag DFC, terpilih sebagai presiden pertama DFB.

Tim sepak bola nasional Jerman mewakili Jerman dalam kompetisi sepak bola internasional sejak 1908. Tim ini dinaungi oleh Asosiasi Sepak Bola Jerman DFB, badan sepak bola Jerman.

Periode Antara Perang

Setelah perang, Jerman menjadi tiga negara. DFB dan timnya melanjutkan apa yang disebut Jerman Barat, sementara Saarland dan Jerman Timur masing-masing membuat tim yang terpisah selama beberapa tahun.

Jerman Timur dan Barat

Sepak Bola Jerman Timur dan sepak bola Jerman Barat pernah bertemu di Piala Dunia 1974. Kala itu Piala Dunia FIFA 1974 dipentaskan di Jerman Barat, dan kedua tim Jerman berada di grup yang sama di babak pertama. 

Hasil pertemuan pada 22 Juni 1974 dalam pertandingan penuh politik di Hamburg ini adalah Jerman Timur mengalahkan Jerman Barat 1-0, berdasarkan gol Jürgen Sparwasser.

Kedua tim Jerman maju ke babak kedua tetapi tim German Democratic Republic (GDR) tersingkir di sana, sementara tim DFB(Jerman Barat) memenangkan turnamen.

Penyatuan Kembali Sepak Bola Jerman

Keetika reunifikasi dua Negara Jerman tahun 1990, Jerman Barat memenangkan Piala Dunia ketiganya dan dirayakan bersama Jerman Timur. 

Kemenangan terbesar Jerman sejak 1990 adalah Kejuaraan Piala Dunia 2014 di Brasil, dan Kejuaraan Eropa 1996 diamankan di Inggris. Kala itu para pemain dari bekas Jerman Barat, termasuk (Jürgen Klinsmann sebagai kapten) dan Jerman Timur (Matthias Sammer) sebagai jangkar pertahanan.

Era Baru Sepak Bola Jerman

Keberhasilan terbesar bagi tim Sepak Bola Jerman di milenium baru adalah penaklukan mereka di Piala Dunia FIFA 2014.

Mereka juga selesai di tempat kedua di bawah Brasil di Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Kemudian, kembali menempati tempat kedua di Kejuaraan Eropa 2008.

Sebelum itu, Tim Sepak Bola Jerman menempati posisi ketiga di Piala Dunia 2006 Jerman dan tempat ketiga di Piala Dunia 2010. Sepak Bola Jerman Wanita Jerman telah mencapai kesuksesan yang lebih besar, yaitu memenangkan Piala Dunia Wanita FIFA 2003 di AS dan Piala Dunia Wanita FIFA 2007 di Cina. 

Asosiasi Sepak Bola Jerman

Asosiasi nasional Sepak Bola Jerman adalah Deutscher Fußball-Bund yang berkantor pusat di Frankfurt. DFB didirikan pada tahun 1900 di Leipzig, oleh perwakilan dari 86 klub. 

Saat ini, asosiasi memiliki sekitar 26.000 anggota klub yang menurunkan 170.000 tim dengan lebih dari 2 juta pemain yang menjadikannya federasi olahraga terbesar di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *